Hilangkan Kepenatan Diri Dengan Berada Dibawah Pancuran Air Terjun Sekumpul Ini

Tersembunyi didalam belantara hutan tropis di kawasan utara Bali, lebih tepatnya di Buleleng, itulah banyak air terjun yang eksotis dan megah, satu dari beberapa ialah Air Terjun Sekumpul. Kabarnya, Air Terjun Sekumpul dibilang sebagai air terjun paling indah di Bali. Ada di tengah-tengah alam tropis yang sejuk, dengan sungai bersih dihiasi batu-batu besar yang membentuk panorama yang amat indah. Julukan Sekumpul sendiri asalnya dari kata “kumpul” merujuk ke kumpulan 7 air terjun besar juga banyak air terjun kecil di kawasan itu. Jadi, Air Terjun Sekumpul merupakan kumpulan dari banyak sekali air terjun!

Sekumpul berada di Desa Lemukih, kurang lebih 76 km dari Denpasar lalu 20 km dari Singaraja. Kamu boleh datang kesini lewat dua jalur, yakni jalur Desa Sekumpul atau jalur Desa Nyuh. Warga lokal menjuluki Sekumpul menjadi Air Tejun Gerombong ataupun Air Terjun Lemukih. Kira-kira 1,5 tahun silam, warga sekitar mendirikan tangga dan jalan setapak tuk memudahkan turis mengunjungi 7 air terjun di Sekumpul, tapi saat ini kita cuma bisa mengunjungi 5 air terjun. Bila menggunakan mobil atau motor, cuma bisa diparkir di satu area parkir. Dari sanalah petualanganmu di Sekumpul diawali!

Untuk pergi ke air terjun, kamu musti menuruni jalan 400 meter menghujam hutan tropis, dan pasti saja memerlukan ketahanan fisik juga stamina. Di sejumlah tempat memang ada tangga dan pagar, namun tak di seluruh jalur. Meskipun jalannya lumayan curam dan sulit, setelah sekian lama kamu bisa lihat air terjun dari kejauhan. Saat suara air terjun kedengaran, semangatmu akan kembali berapi! Setelah trekking 20 menit, kamu akan tiba di kaki gunung. Di daerah terbuka itu ada pondokan dan area duduk dimana kamu boleh beristirahat. Tidak jauh dari sana, terdapat jembatan yang mengkoneksikan jalan ke Desa Sekumpul, kira-kira 1,3 km berjalan kaki. Suatu air terjun terseumbunyi tidak jauh dari jembatan, dan kerapkali digunakan jadi tempat bersembahyang buat warga lokal.

Dari meeting point itu, kamu bisa segera lihat dua air terjun pada bagian utara dari debit air berlimpah. Air terjun deras itu jatuh dari ketinggian 90 m dan kamu musti jalan 3 menit tuk menjangkaunya, melintasi bagian sungai berlumpur. Kamu gak akan bisa mendekat tanpa basah, jadi perkirakan gadget terlindungi ya. Kalau mau aman, lebih baik gunakan tas tahan air alias wet bag. Ada lagi air terjun tersembunyi dan ini lebih fantastis lagi: tingginya kira-kira 400 meter! Tapi sayangnya, akses ke air terjun itu belum dibuat, hingga kamu musti menunggu beberapa lama sebelum balik lagi kesini. Mungkin tahun nanti?

Tiga air terjun besar lain ada di sisi selatan meeting point, di sisi kiri jalan masuk. Tiga-tiganya dua kali lebih jauh dibanding dua pertama tadi, dan kamu harus jalan kaki tujuh menit tuk sampai kesana. Medannya lumayan sulit, terjal dan licin. Medan yang susah terbayar seketika malah sebelum kamu ke tujuan. Panorama alamnya memang mempesona, dengan pohon-pohon menghijau menghiasi lereng-lereng gunung. Saat kamu sampai di akhir perjalanan, tiga air terjun megah menderu setinggi 85 m, dengan debit air berbeda-beda. Ini masanya menikmati buah dari trip kamu, travelers! Lepas sepatumu, dan ceburkan diri ke kolam dingin, dan segarkan diri kamu didalam airnya yang jernih. Berbagai lelah luntur sekejap ketika kamu merasakan sensasi mandi dibawah siraman air terjun, sambil merasakan derasnya air pijat punggunmu. Ah, nikmat!

Tags: #Air Terjun Sekumpul

Leave a reply "Hilangkan Kepenatan Diri Dengan Berada Dibawah Pancuran Air Terjun Sekumpul Ini"