Langkah-langkah Menciptakan Logo Merek yang Baik serta Unik

250 views

Logo adalah wajah dari brand perusahaan Kamu. Logo pun menajadi wakil dari karakterisitik, kepribadian serta cita-cita yang diusung oleh suatu Perusahaan dalam jangka waktu yang bisa dibilang lama. Begitu penting mempunyai logo yang benar serta memiliki citra di dalamnya. Karenanya, Kamu musti tahu langkah-langkah kerja membuat logo supaya logo itu dapat mempunyai jiwa yang sanggup merepresentasikan identitas brand perusahaan Kamu. Berikut ini adalah langkah-langkah kerja yang musti dikerjakan oleh seorang Desainer pemula hingga Desainer dan konsultan untuk mendesain merek logo perusahaan yang benar dan menarik, antara lain yaitu :

Riset Logo Merek

Yang pertama-tama dikerjakan ialah menemukan fakta-fakta mengenai entitas, juga pesaingnya. Misalnya bila entitasnya adalah perusahaan, maka yang diriset pertama-tama ialah sector industry, visi, misi, pola perusahaan, analisa pasar, target group, keunggulan serta kelemahan. Kemudian melakukan wawancara khusus untuk memperoleh personality dari brand itu. Keseluruhan hasil riset serta analisa ini dirangkum didalam creative brief yang bakal dipakai untuk Proses selanjutnya.

Thumbnails Logo Merek

Menurut creative briefs, kita membuat thumbnails yang dijadikan sebagai visual brainstorming, berbentuk sketas-sketsa kasar pensil ataupun bolpen yang dikerjakan secara manual. Amat tidak direkomendasikan memakai komputer didalam Proses ini.

Komputer

Tahap selanjutnya baru kita pergunakan komputer. Sejumlah thumbnails yang potensial dipilih, kemudian dipindahkan ke komputer. Baik dengan men-scan-nya kemudian diedit, ataupun digambar ulang memakai drawing software. Dianjurkan memakai software berbasis vector misalnya Adobe Illustrator ataupun Corel Draw. Yang tidak direkomendasikan ialah jika kita mengerjakan semuanya dengan komputer dari sejak Proses pertama.

Review Logo Merek

Sehabis terkumpul pilihan desain logo yang telah diedit serta dirapikan, Proses berikutnya ialah mengajukannya ke klien untuk dipilih. Di Proses ini keikutsertaan klien musti intens, malah semenjak tahap awal klien musti terus aktif memberikan data yang dibutuhkan.  Jangan lupa untuk meriset logo-logo perusahaan lainnya untuk menghindari kesamaan bentuk. Hal ini malah seharusnya dilaksanakan dari sejak Proses awal mendesain. Logo yang persis dengan logo lain meskipun tidak disengaja, bakal mempertaruhkan eksistensi klien serta desainernya tersebut.

Pendaftaran Merek

Logo yang telah selesai, lalu diajukan ke Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (Dirjen Haki), Departemen Hukum dan HAM untuk perlindungan hak daripada pemakaian dengan cara tidak resmi oleh pihak lainnya. Tahap-tahap registrasi ini ada baiknya dimuali dari ketika pengajuan nama merek. Baca ini untuk mengetahui biaya mendaftarkan merek saat ini

Sistem Identitas

Dalam Proses ini desainer memilih atribut perusahaan lain semacam logo turunan, system warna, system tipografi, sistem penerapan logo di beraneka media, dan sebagainya. Semua itu dirangkum didalam pedoman system identitas.

Produksi

Menurut pedoman sistem identitas, beragam media internal serta eksternal mulai dibuat dengan memakai identitas yang telah didaftarkan ataupun dipatenkan. Itulah ketujuh langkah-langkah yang musti dilewati oleh Desainer untuk membuat logo perusahaan yang bermutu. Mudah-mudahan bermanfaat, selamat mencoba serta selamat berkreasi. Salam Kreatif. http://www.pendaftaranmerekdagang.com/hubungi-kami/

Tags: #Menciptakan Logo Merek

Leave a reply "Langkah-langkah Menciptakan Logo Merek yang Baik serta Unik"